Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jadi Menparekraf, Jokowi Beri PR untuk Sandiaga Uno!

Sandiaga Uno mendapatkan setumpuk pekerjaan rumah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Pertama, Jokowi mengingatkan Sandiaga untuk memastikan percepatan penyiapan infrastruktur lima destinasi super prioritas yang sudah ditunjuk pemerintah. Kelima destinasi itu antara lain Danau Toba, Candi Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang.

"Sampai kepada aspek seni budaya, kostum maupun pernak pernik yang berkaitan dengan kesiapan destinasi wisata tersebut untuk menjadi destinasi unggulan pasca pandemi covid," ujar Sandiaga kepada media

Selanjutnya, Jokowi juga menekankan untuk fokus kerja keras selama satu tahun ke depan dan memastikan sektor yang banyak menyerap lapangan kerja dan membangkitkan ekonomi dikelola lebih baik

Selain mendapat tugas dari Jokowi, Sandiaga juga mendapat arahan dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Ma'ruf, kata Sandiaga, meminta ia untuk memastikan aspek kesehatan dan keselamatan di tiap-tiap destinasi pariwisata, terutama dalam menghadapi covid-19. Dengan demikian, wisatawan dapat merasa aman dan nyaman.

"Program-program seperti CHSE (Cleanliness,Hygiene, Sanitation, and Environment) dilanjutkan secara komprehensif dan strategis," jelasnya.

Tak hanya itu, sambung Sandiaga, Ma'ruf juga ingin ekonomi kreatif dapat menjadi lokomotif penciptaan lapangan kerja. Utamanya, sektor-sektor yang banyak menyerap dan menggerakkan perekonomian rakyat seperti kuliner, fesyen, dan kriya.

"Bapak wapres juga menambahkan untuk destinasi-destinasi wisata halal dan destinasi wisata religi juga menjadi perhatian untuk menggairahkan sektor wisata yang diharapkan bukan hanya bertahan tapi menangkap peluang jadi pemenang," ujarnya.