Front Pembela Islam (FPI) resmi dilarang beraktivitas oleh pemerintah, Rabu (30/12/2020). Lantas, siapa saja pentolan FPI saat ini?

Sejak didirikan pada 17 Agustus 1998, terdapat sejumlah tokoh FPI yang setidaknya kerap muncul di media massa dalam berbagai pemberitaan. Berikut ini di antaranya:

1. Habib Rizieq Shihab

Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab lahir pada 24 Agustus 1965. Habib Rizieq dikenal publik Tanah Air sebagai sosok ulama yang 'keras' dalam memegang prinsip dan pendirian.

Habib Rizieq kini ditahan polisi lantaran menjadi tersangka kasus kerumunan di Petamburan. Dia dijerat dengan dua pasal yaitu Pasal 160 KUHP tentang Penghasutan dan Pasal 216 KUHP. Ancaman hukumannya enam tahun penjara. Habib Rizieq Shihab juga menjadi tersangka dalam kasus kerumunan di Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Dalam hal ini Rizieq disangka dengan pasal yang berbeda dengan kasus kerumunan Petamburan.

Dalam kasus Megamendung, Habib Rizieq disangka melanggar Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular, Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, dan Pasal 216 KUHP.

2. Ahmad Shabri Lubis

Ahmad Shabri Lubis adalah Ketua Umum FPI 2015-2020. Dia menggantikan Habib Muhsin bin Ahmad Al Attas.

Shabri Lubis telah ditetapkan sebagai tersangka terkait kerumunan. Dia dijerat Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, dengan ancaman satu tahun penjara.

3. Munarman

Munarman yang lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 16 September 1968 ini berlatar belakang pengacara. Dia pernah menjadi petinggi di Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI).

Di FPI, posisi Munarman mentereng dan strategis, yaitu sekretaris umum. Dia juga kerap bertindak sebagai juru bicara sekaligus advokat untuk membela FPI. Bahkan, ketika Habib Rizieq ditahan polisi, Munarman tetap bersuara kencang melakukan perlawanan.

Pada 21 Desember 2020, Munarman dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh perwakilan Barisan Kesatria Nusantara, Kiai Zaenal Arifin. Munarman dilaporkan karena dianggap telah menyebarkan ujaran kebencian dan berita bohong.

4. Ustaz Slamet Maarif

Ustaz Slamet Maarif merupakan salah satu ketua DPP FPI. Dia juga menjabat sebagai Ketua Persaudaraan Alumni 212. Dengan posisinya yang strategis, Ustaz Slamet Maarif juga kerap muncul di media massa.

Source Artikel  : sindonewscom

Komentar

Lebih baru Lebih lama