Sejumlah petinggi partai politik belakangan mendatangi Kota Solo untuk bertemu Gibran Rakabuming Raka.

Selain bersilaturahmi, kedatangan mereka diketahui juga membahas tentang masalah politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar pada 2024 mendatang.

Sejumlah petinggi partai yang datang ke Solo itu di antaranya adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah.

Mengenai dukungan maju ke DKI Jakarta, Gibran mengaku belum memikirkannya karena masih ingin fokus untuk menyelesaikan masalah di Solo.

"Saya nyelesaiin yang di Solo dulu. Urusan DKI ya nanti aja. Ngurus yang di Solo dulu aja," kata Gibran.


Di sela pertemuannya dengan Gibran, Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin mengaku hanya untuk bersilaturahmi.

Sebab, setelah resmi dilantik sebagai Wali Kota Solo, dirinya belum pernah bertemu dengan Gibran untuk mengucapkan selamat.

"Saya silaturahmi untuk menyampaikan selamat sejak terpilih belum ketemu. Sejak terpilih baru hari ini bisa menyampaikan ucapan selamat. Alhamdulillah Pak wali kota sudah sangat bersemangat membenahi kota Solo," kata dia

Meski demikian, dirinya tidak menampik jika dalam pertemuan itu juga membincang terkait Pilkada DKI Jakarta. Termasuk menitipkan NU dan PKB di Solo.

Dia juga menegaskan siap mendukung Gibran untuk maju sebagai gubernur DKI Jakarta setelah sukses melakukan penataan di Solo.

"Makanya sukses dulu Solo nanti bisa ke mana pun. Insya Allah lah. Mas Gibran ini pemimpin masa depan yang sukses di Solo akan membawa kemajuan di mana-mana. Siap, pasti siap (mendukung)," ungkapnya.

Dukungan dari PAN
Selain PKB, sinyal dukungan untuk mendukung Gibran maju sebagai gubernur di Pilkada DKI Jakarta juga datang dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan berharap Gibran dapat sukses memimpin Kota Solo sebelum berkiprah ke daerah lain.

"Pilkada (DKI) kan masih lama 2024, nantilah kita lihat. Saya kan dulu dukung kampanye Gibran ke Solo. Sekarang, biar sukses dulu di Solo," tandasnya.

Zulkifli optimistis putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut dapat membawa perubahan lebih baik untuk masyarakat Kota Solo.

Kunjungan petinggi Partai Gelora
Tiga hari setelah kunjungan dari PKB, Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah juga merapat ke Solo untuk bertemu Gibran Rakabuming Raka, Sabtu (27/3/2021).


Dalam pertemuannya itu, Fahri dan Gibran banyak berdiskusi tentang konsep pengelolaan kota masa depan. Termasuk ingin menitipkan partainya di Kota Solo agar dapat berpartisipasi dalam membangun kota.

"Kita di Partai Gelora menawarkan konsep-konsep yang bisa kita gunakan bersama-sama. Dalam tagline kami berkolaborasi tentunya dengan beliau," kata Fahri di Loji Gandrung Solo, Sabtu.

Saat disinggung terkait dukungan terhadap Gibran di Pilkada DKI Jakarta, pihaknya masih perlu melihat perkembangan.

"Nanti kita lihat saja beliau. Beliaukan punya rencana sendirikan dan tidak bisa dipengaruhi orang. Banyak orang menganggap seolah-olah Mas Gibran dipengaruhi Pak Jokowi. Padahal saya lihat Pak Jokowi dipengaruhi Mas Gibran," kelakar Fahri. (Artikel kompas.com) 
Lebih baru Lebih lama