GOPRESIDEN.COM - Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang balapan internasional. Yang terdekat ada World Superbike (SBK) yang akan digelar di Sirkuit Jalan Raya Mandalika, pada 19-21 November 2021. Sudah sejauh mana kesiapan Sirkuit Mandalika menyambut WorldSBK?

Direktur Strategi dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto, penyelesaian Sirkuit Mandalika sudah tinggal dilakukan tahap akhir.

"Homologasi, pada prinsipnya di seluruh dunia, mau balapan pun seminggu sebelumnya dihomologasi. Kami sudah menyiapkan hal itu mana-mana yang kurang-kurang, ini sudah kita siapkan semua. Dan saat ini ada proses yang namanya pengecetan sirkuit, washing circuit, yang itu menjadi finalize kita beserta race control yang sedang diinstall," kata Happy.

Happy menyebut, Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) memuji Sirkuit Mandalika. FIM memuji kualitas aspal di Sirkuit Mandalika.

"Untuk materi sirkuit, sirkuit sendiri kita alhamdulillah FIM bilang bahwa ini adalah sirkuit dengan aspal terbaik di dunia. Ini sebuah pencapaian buat Indonesia, saya rasa ini yang patut kita banggakan. Dan dikerjakan oleh hampir sebagian besar 95% adalah lokal Indonesia," ujar Hapy.

Sementara itu, untuk mendukung berlangsungnya balapan, MGPA bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) telah melakukan pelatihan terhadap ratusan petugas marshal. Anak-anak muda di sekitar Sirkuit Mandalika diberikan pendidikan untuk menjadi marshal balapan internasional.

"Marshhal itu ada 600 sekian yang dididik. Itu IMI yang mendidik pemuda-pemuda setempat. Pendidikan hampir 3 hari berturut-turut. Masrhal-marshal ini juga akan mendapat sertifikasi. Sehingga potensi anak-anak muda di sekitar Mandalika ini benar-benar bisa tertangkap. Anytime mereka bisa membantu sirkuit-sirkuit yang ada di seluruh dunia jika diundang FIM," ungkap Happy.

Kapasitas Penonton
Sementara itu, soal kapasitas penonton di Sirkuit Mandalika untuk saat ini masih dibatasi karena pandemi COVID-19. Untuk gelaran WorldSBK pada November nanti, hanya ada 25.000 tiket yang dijual. Padahal, kapasitas penonton di Sirkuit Mandalika ini cukup besar.

CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Ricky Baheramsjah, mengatakan jika tidak dibatasi karena pandemi COVID-19, Sirkuit Mandalika memiliki 75 ribu kursi tribun.

"Kita bisa tingkatkan dengan mudah antara 80-100 ribu kursi. Hospitality bisa sampai 7.000 orang. Rentangnya bisa mencapai 150 ribu sampai 200 ribu kapasitas penonton," kata Ricky.

Itu pun bisa ditingkatkan lagi jika perlu. Sebab, kata Ricky, Sirkuit Mandalika masih memiliki banyak lahan kosong yang bisa dijadikan sebagai tribun jika dibutuhkan.

"Jika ingin memaksimalkan kapasitas di Mandalika, sirkuit punya lahan 100 hektar, kami memiliki banyak ruang terbuka, jadi kesempatan untuk membawa lebih banyak penonton bisa dilakukan di masa depan," ucap Ricky. [GOPRESIDEN/Detik]
Lebih baru Lebih lama