GOPRESIDEN.COM - Sirkuit Mandalika terus bersolek jelang gelaran balap motor kelas dunia World Superbike alias WSBK, pasal pihak PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC, bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) terus melengkapi kebutuhan sirkuit yang kini menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

Tak hanya fasilitasnya saja yang dilengkapi, tampilan sirkuit pun dibikin menarik. Apalagi aspal sirkuit jalan raya satu-satunya di dunia yang digunakan pada ajang MotoGP, adalah model terbaru yakni Stone Mastic Asphalt (SMA), diklaim sebagai aspal terbaik di dunia.

Ada yang unik pada aspal Sirkuit Mandalika, karena pada salah satu run off tikungan 15 dan 16 dilakukan pengecatan. Run off atau pinggir aspal sirkuit tersebut dilukis motif batik khas Indonesia.

Hal ini diketahui dari akun Youtube bernama Moh Ilham, yang menjelaskan bahwa area tersebut ingin dikelir motif batik.

Terlihat sebuah warna dasar merah dengan motif cat putih telah digoreskan pada area run off tersebut.

Kabarnya, jenis motif batik yang dilukis di sirkuit Mandalika adalah Meande, motif batik ini memiliki bentuk dasar huruf “T”. Dalam motif batik Meander, biasanya digunakan pada hiasan pinggir atau tepi.

Nah, proses pengecatan kerb yang berfungsi sebagai marka serta run off, menggunakan alat dan cat khusus dari Jerman. Sementara proses pengecatan dilakukan oleh perusahaan spesialis Race Track, yaitu Roadgrip asal Inggris, bersama anak perusahaannya, Roadgrip Motosport Indonesia (RMI).

Pengecetan dilaksanakan tenaga spesialis yang telah mengerjakan sirkuit-sirkuit dunia, seperti Austin di Texas. Sebagai informasi, Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Superbike alias WSBK, pada 20-21 November mendatang.

Sebelum WSBK digelar, Sirkuit Mandalika akan menggelar Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang merupakan ajang balapan untuk pembalap pemula, yang dibikin oleh Dorna Sports sebagai promotor MotoGP [GOPRESIDEN/news].
Lebih baru Lebih lama