GOPRESIDEN.COM - Kurang dari satu bulan lagi, Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang balap motor kelas dunia WSBK di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Kini sirkuit yang berlokasi Lombok tersebut, terpantau sudah dicat dan diklaim cat yang digunakan sekelas dengan Sirkuit Assen, Silverstone, hingga Misano.

Chief Strategic and Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto mengatakan, pengecatan di Pertamina Mandalika International Street Circuit merupakan bagian dari syarat homologasi dari FIM, sehingga standarnya pun harus terpenuhi.

"Pengecatan sirkuit adalah bagian dari syarat homologasi dan yang telah disyaratkan oleh FIM baik untuk start lane, track lane, kerbs dan run off," papar Happy Harinto kepada detikOto.

Pengecatan dilakukan oleh tim RoadGrip yang sudah berpengalaman dalam dunia pengecatan sirkuit. "RoadGrip telah punya pengalaman di Assen, Silverstone, Misano dan masih banyak sirkuit lain di dunia baik untuk MotoGP maupun F1," papar Happy.

Saat ini, Happy mengatakan belum ada vendor dalam negeri yang mampu untuk mengerjakan pengecatan sirkuit dengan standar FIM. "Belum bisa saat ini karena memang kami masih belajar dari mereka," papar Happy.

Perlu diketahui, Pertamina Mandalika International Street Circuit ini menggunakan cat jenis 'Anti Slip' yang biasa digunakan di banyak lapangan olahraga.

"Peralatan cat yang digunakan khusus untuk aspal jenis SMA (Stone Mastic Asphalt), jenis cat ini pun mempunyai kemampuan yang mumpuni dari cuaca dan "siksaan" kendaraan - kendaraan balap yang akan melintasinya...," tulis MGPA di unggahan Instagram mereka pada Sabtu (30/10/21) lalu.

Mengenai total biaya pengecatannya, pihak MGPA enggan menjawab. Namun menurut mereka, pengecatannya memakan waktu sekitar satu setengah bulan [GOPRESIDEN/dtk].


Lebih baru Lebih lama